Pantai Sadranan

        


          Pantai Sadranan secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul atau berada di sebelah barat pantai Ngandong dan di sebelah timur pantai Slili.Lokasi Pantai Sadranan sebetulnya hanya disebalik bukit sisi barat pantai Ngandong. Kita dapat menempuh dari pantai Sadranan melalui Pantai Ngandong dengan berjalan menyisir pasir pantai yang sedikit menjorok ke laut. Cara lain adalah dengan melewati jalan berbatu selebar 4 meter dan sedikit menanjak di sebelah timur pantai Kukup.Asal usul nama ‘sadranan’ sendiri berasal dari kata nyadran yaitu sebuah ritual sedekah bumi sering diadakan dipantai ini. Biasanya dilakukan pada saat pasaran pahing tiap tahunnya atau pada saat selesai panen.
          Nyadran merupakan salah satu bentuk cara manusia mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya; laut, sungai, gunung, langit, melalui apapun yang kita lihat dan sentuh.Selain cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan, anda juga bisa melakukan snorkeling.
Snorkling di pantai ini tidak berbahaya karena ombak di bibir pantai tidak terlalu besar seperti halnya di pantai Nglambor. Tetapi anda harus waspada dengan batu karang yang runcing dan bisa melukai kaki anda.Di pantai Sadranan ini sudah terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkeling. Menurut pengelola, pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami.Untuk memasuki pantai sadranan ini anda akan dikenai retribusi perorang kurang lebih Rp. 3.000,-. Kenyamanan pantai sadranan ini
Seperti halnya sebagian besar pantai digunungkidul yakni adanya batu batu karang yang dapat meredam ombak yang besar sehingga terlihat ombak di pantai ini sangat tenang untuk dinikmati. Fasilitas yang ada sudah mulai merebak di kawasan pantai ini, mulai dari warung warung makan yang menyediakan anekan makanan dan minuman dan juga menyediakan beberapa kamar mandi sebagai tempat berbilas selepas menikmati air laut dipinggiran pantai ini. Bagi anda yang ingin menginap anda bisa mencari penginapan disekitar pantai krakal karena jarak ke pantai ini tidak lebih dari 0,5 km.

Posting Komentar

0 Komentar