Pantai KRAKAL

         


  Pantai Krakal berlokasi di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.Pantai Krakal merupakan obyek wisata pantai yang sudah lama terkenal sebagai salah satu pantai terindah di ujung selatan Yogyakarta. Garis pantai yang landai dengan hamparan pasir putih serta hempasan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Krakal ini mempunyai bentangan garis pantai yang sangat panjang dan merupakan yang terpanjang diantara pantai-pantai di Gunungkidul. Perjalanan menuju pantai ini akan melintasi bukit kapur diselingi dengan teras-teras batu karang. Batu karang sebagian besar menghiasi bibir pantai yang menjadi tepat bagi ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.
          Yang paling menarik dipantai ini adalah munculnya beragam ikan hias di waktu tertentu bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang, ikan iakn akan banyak menampakkan diri saat awal bulan dibandingkan dengan akhir bulan. Ada ikan damselfish kuning dengan warna biru dipunggungnya, ikan kepe (butterflyfish) bergaris biru tua dan muda, ikan Bestum, ikan Pogat, ikan Tiger serta sekelompok jenis ikan berenang diantara bebatuan karang. Jika membawa jaring tangan, anda bisa berburu ikan disini, tapi hati-hati jangan sampai merusak karang untuk menjaga keindahan ekosistem pantai ini.Pantai Krakal memiliki dua buah batu karang hitam yang menjulang tinggi yang merupakan pembatas dengan pantai sebelahnya.
           Kedua batu karang permukaanya sangat subur sehingga banyak ditumbuhi berbagai macam tumbuhan pantai. Nama “KERAKAL” dalam bahasa Jawa berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Pantai ini diberi nama Pantai Krakal berasal dari istilah “KERAKAL” dan untuk memudahkan dalam penyebuannya maka istilah “KERAKAL menjadi KRAKAL”. Diberi nama demikian karena di pantai tersebut selain berupa hamparan pasir putih yang memanjang juga banyak terdapat batuan-batuan sebesar bulatan telur (kerakal) dengan permukaan halus dan berwarna putih. Kerakal-kerakal tersebut sangat bagus menghiasi panjangnya bibir pantai. Dan karena itu, krakal-krakal ini laku dijual karena cocok untuk membuat taman-taman, sehingga sampai saat ini keberadaan kerakal tersebut sudah habis dan hanya menyisakan namanya saja.
           Peraturan Pemerintah yang melarang pengambilan batu dan pasir putih datangnya sudah terlambat karena batu kerakalnya sudah terlanjur habis, dan yang masih tersisa adalah pasir putihnya saja.Pantai Krakal merupakan pantai yang terbentuk dari proses geologi di kawasan perbukitan kars Gunung Kidul. Merupakan fenomena kawasan kars yang unik, dimana tersingkapnya batuan gamping dikawasan ini karena pengangkatan yang disebabkan oleh aktifitas tektonik. Secara Absolut lokasi pantai Krakal berada pada 8008’51.4” LS – 110035’43.6” BT, secara administratif terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY. Berada di tengah-tengah bentangalam antara Pantai Baron dengan Pantai Pok Tunggal. Pantai Krakal berada di sebelah timur Pantai Baron dengan jarak sekitar 8 km. Bila ditempuh dari kota Wonosari jaraknya sekitar 35 km, dan dapat melalui dua buah jalur yaitu jalur barat melewati Pantai Baron, dan jalur timur melewati kecamatan Tepus, dan Pantai Sundak.

Posting Komentar

0 Komentar