Pantai Baron

            


             Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Menuju Lokasi Pantai Baron Wonosari Gunung Kidul dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta. cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.Pantai Baron memang sudah lama menarik banyak pengunjung terutama dengan satu keunikannya yang membuat beda dengan pantai yang lain yaitu pantai Baron adalah sebuah teluk yang memiliki aliran sungai di sisi sebelah barat nya, sumber air sungai berasal dari sungai bawah tanah yang keluar dari kaki bukit.
               Aliran airnya cukup deras ke arah lautan. Jadi, selain anda bisa bermain-main di air laut yang asin, atau anda yang takut bermain dengan air laut, anda bisa bermain di aliran sungai yang lebih tawar dan lebih segar itu.Sejarah Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan yang berasal Belanda. Ia bernama Baron Skeber. Ketika itu, ia mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang sekarang terkenal dengan sebutan Pantai Baron itu.Obyek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan.Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol.
 Selain itu juga ada Pemancingan ikan dan Camping Ground.Potensi wisata Pantai Baron di Yogyakarta mampu menyedot banyak kunjungan wisatawan, dari yang domestik bahkan mancanegara. Jumlahnya dapat mencapai hingga 1,9 juta wisatawan. Inilah yang kemudian memberi kontribusi positif terhadap Pendapatan Asli Daerah hingga mencapai Rp 15 miliar. Beberapa objek wisata populer Gunungkidul yang menarik minat wisatawan, di antaranya mulai dari Pantai Baron, Air Terjun Sri Gethuk, hingga Goa Pindul dan Goa Gelatik.Pantai Baron memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cenderamata.Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cenderamata yang terbuat dari kerang laut.
 Cenderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.Upacara sedekah laut adalah upacara yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Gunungkidul. Pantai Baron adalah salah satu tempat untuk menyelenggarakan upacara sedekah laut tersebut.Upacara sedekah laut diselenggarakan setiap tanggal satu Syuro dalam penanggalan Jawa. Upacara sedekah laut dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat atas melimpahnya tangkapan ikan di Pantai Baron.
Awalnya, sebagaian besar penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yang mengolah kebun.Suatu ketika ada seseorang yang memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan mendapatkan banyak ikan, kemudian banyak penduduk yang mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan. Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit kemudian penduduk mencoba menangkap ikan ketengah laut menggunakan rakit kayu.Adanya kapal di pantai ini karena suatu ketika terjadi tragedi nelayan yang saat menangkap ikan di tengah laut digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan menjadikan pemerintah menyumbangkan perahu untuk nelayan Pantai Baron.

Posting Komentar

0 Komentar