Kawasan pantai Ngrenehan




Pantai Ngrenehan berada di Desa Kanigoro , Kecamatan Saptosari ,Kabupaten GunungKidul.Pantai Ngrenehan merupakan pemberian dari Raden Fatah yaitu Raja Demak,seorang putra dari Prabu Brawijaya V.Prabu Brawijaya yaitu Raja masa pemerintahan Majapahit pada tahun 1464-1478. Yang saat itu Raden Fatah sedang mencari ayahnya yang telah melarikan diri dengan membawa istrinya. Tetapi pada akhirnya tidak ketemu juga , ia pun mengajak berembuk  tentang bagaimana cara menemukanya. Ngrenehan yaitu menunjukkan suatu tempat , (kemarilah sini).Pantai Ngrenehan mempunyai keunikan yang berupa teluk disekelilingya terdapat perbukitan kapur.
Perjalanan menuju pantai Ngrenehan cukup menantang dengan tanjakan dan turunan yang berkelok-kelok.
Pantai ini disebut pantai nelayan karena banyak masyarakat yang beraktivitas  mencari ikan di pantai.Ikan tersebut biasanya dijual kembali untuk dimasak terlebih dahulu.
Bukit karang di pantai Ngrenehan cukup unik karena karang-karangnya sangat mirip dengan koral yang ada dilaut.Ombaknya yang relatif  tenang karena pantai Ngrenehan tersembunyi dari hamparan samudra hindia tidak seperti pantai pantai lainya  dan adanya batuan disekitar pinggir pantai.Sehingga jika ingin berenang ,pantai ini cukup aman.




Posting Komentar

0 Komentar